Super Kawaii Cute Cat Kaoani

Kamis, 22 Agustus 2013

NYONTEK?? BANGGA LOE?

Diposting oleh MAYA AFIFAH di 13.07


Aku sekolah di SMA Negeri 1 Kebumen. Sekolah yang cukup elit di Kebumen (dari luar tapi, dari dalam .. gubraaak! ---“). Dua tahun lalu aku menempati salah satu kursi di kelas yang terbilang cukup terisolasi, yaitu X 1. Yaa, kursi yang sebenarnya tidak kuinginkan dan tidak pernah terfikirkan dalam benakku sama sekali. Bukan karena mereka masih terlihat sangat asing, tetapi juga karena mereka termasuk golongan orang- orang aneh (iyyyyuuuh -,-). Mulai dari ngupil (hoek), mreman, tidur di kelas, rempong, ribet, ngeksis, ada yang ngomongnya pake bahasa inggrislah, dan masih banyak lagi (alias aku kelalen :D). Dan dibalik keanehan itu, mereka semua menyimpan sejuta kepintaran (bahasane alay banget yakin -,) termasuk aku (yey!) amin  ya Alloh (muka sombong K). Hal itulah yang membutakan pikiranku (bahasanelah ra nguati) untuk  menyontek (!). Yaa,  kebiasaan buruk inilah yang sering aku lakukan saat ulangan (jeng jeng) bersama sahabat karibku alias teman seperjuanganku dan belahan bokongku (baca: teman sebangku). Yaaak ! Dia tak lain dan tak bukan adalah cewek dengan inisial jeng jeng ... Putri Wulan Suci (siapa sih yang gak kenal artis Smansa (cuih hoek K))
Nah, itu tadi sekilas pembukaan cerita. Saatnya bingung nih mau mulai dari mana dan mau nulis apa(-____-). Jadi gini temen- temen, seperti kata pepatah “sesama mkhluk sosial  kita harus saling bekerja sama agar pekerjaan cepat terselesaikan”. Yaa itulah prinsip kami (wkwk). Tak peduli hujan, badai, bila kami mengalami kesulitan saat ulangan kita akan melaksanakan prinsip itu (genaeh lah -,-). Eeeits, tetapi jangan salah mblo, tidak semua mata pelajaran kami melakukan hal tersebut (kasih jempol doong mblo u,u). Sebenarnya aku pribadi tidak terlalu menyukai pekerjaan memalukan itu, tapi mau gimana lagi keadaanlah yang memaksa kami (gilee bahasanelah :D). Dan anehnya nilai kami tidak pernah sama, yaiyalah orang kami nyonteknya cuma satu atau dua nomer. Emang kita senekad itu apa contekan semua. Gini- gini juga gue masih bisa mikir kale (sip banget dah) dan masih punya harga diri (eh?)
Jadi, suatu hari kami melancarkan aksi tersebut. Kalau nggak salah sih pas ulangan bahasa inggrisnya bu Endroch. Ulangannya itu bener- bener dadakan (sumpah dah K). Nah, karena kami sekelas tidak ada yang belajar jadi kami meminta pertimbangan. Tetapi hasilnya nol bulet, bener- bener bulet. Gila bener- bener nggak bisa di ganggu gugat (syet dah L). Nah, karena aku beserta teman setiaku nggak belajar sama sekali, akhirnya kami memutuskan untuk menyontek  (ajah pada tiru yak -,-). Kali ini aksi kami melalui alfalink biruku yang mungil tercinta. Bukan aku yang bertugas membukanya, akan tetapi dengan senang hati Putri menawarkan dirinya melakukan pekerjaan itu dengan semangat (yeey ! J).  Nah, saat kami sedang asyik- asyiknya melancarkan aksi tersebut, tiba- tiba sesosok manusia menghampiri Putri dan berkicau (eh, maksutnya berkata :D) dengan logatnya yang kental sekental kecap bangau (iklan banget), “Don’t cheat your dictionary!!!!!!!”(kalo menurutku sih suarane bener- bener mirip radio jaman purba yang dinyalain di gunung, hadeh -__-). Seketika itupun, kami berdua kaget sekaget kagetnya. Semua mata tertuju pada kami berdua (mati dah L) seakan- akan dunia berhenti berputar (widiih bahasane tingkat dewa 19)
Setelah tragedi mengerikan itu, ada beberapa yang menyindir kami. Diantaranya si ahli english debate (sapa hayo? Ada yang tau? Yang bisa nebak ntar tak kasih permen sikil deh). Jadi, setelah bel pulang kelas kami ada jam renang. Nah, saat di kol itulah dia  berkicau bersama temen- temennya dengan enteng dan semangatnya. Salah satunya gini, “eh, tadi kamu liat gak sih ekspresinya pas ketauan NYONTEK ? Gue puas banget deh. Rasain loe! haha”, diiringi tawa kemenangan yang menggelegar (medenine). Ngeri nggak sih omongannya? Kebayang nggak sih betapa sakitnya dibilang kaya gitu? Di depan temen- temen pula. Sumpah ya saat itu gue bener- bener malu campur marah. Semuanya campur aduk jadi satu ibaratnya kek kluban (wow :O). Sayangya si putri gak ikut renang. Coba aja dia ikut, pasti dia juga akan kebakaran ketek. (ya ora put? eh)
Hari berikutnya, aku cerita kejadian di kol itu sama putri. Dan bener kata gue, si putri bener- bener naik haji eh maksutnya naik pitam (sori udah rada ngantuk :O). Pokoknya putri benci banget ama si ahli debate itu. Dan siapa sangka kebencian itu semakin menjadi- jadi tatkala si ahli debate itu ngepost di blognya dengan kata kata yang wow, cetar membahana badai menggema sekali (dibaca dengan nada super alay binti letoy). Gila bener- bener pedes, sepedes- pedesnya lombok. Pokoknya ngena banget dihati. Jadi, aku dapet info dari temen deketnya diayang juga pernah nyontek, kalo si do’i  nyindir gue lewat blog kesayangannya. Kalo gak salah nama blognya “Beautiful Monster”(hoek).  Nah, seketika itu aku langsung searching dan mengetikkan alamat yang dituju. Saat  pertama kali aku mbaca postingan itu rasanya tuh kaya digebukin pake palu yang ada durinya yang mana durinya tajam banget setajam silet!(ala Feni Rose). Kalau gak salah sih intinya dia ngomong gini “Gue benci banget ama pencontek kaya loe. Yang bisanya cuma mbuka buku sama dictionary. Yang lain susah- susah ngerjain, eh loe enak- enakan nyontek. Dasar anjing , cheater, pecundang, goblok.  Emang gue juga pernah nyontek kaya loe tapi sori aja yah gak semua mata pelajaran kayak loe.Nggak malu loe nilai loe bagus, tapi hasil nyontek? Kalo gue sih malu. Buat loe- loe yang ngrasa cepet sadar aja deh loe”. Deg, ati gue seakan-akan berhenti berdetak. Lidah gue ngilu. Tubuh gue lunglai. Kepala gue cenat- cenut (kaya lagu ajadeh). Keringat dingin tak henti- hentinya menetes dari ketiakku (oops ! :D). Gila apa,gue di bilang anjing., kayak diagak pernah nyontek aja. Kayak paling suci sedunia akherat aja. Dan ternyata bukan hanya aku aja yang sebel binti benci ama dia, tapi temen- temen gengnya aja juga ikut- ikutan nggak suka ama sikapnya diayang ngerasa paling bener. Soalnya apa? Kasih tau nggak yaa .. yadeeh. Jadi gini pas ulangan sejarah, kebetulan aku duduknya depan belakang ama si dia. Lah kok diatiba- tibaa nanya jawabannya ke aku ama putri. Bukan cuma satu tapi dua (wow!amajing!:O).Tadinya sih putri kekeuh  buat ngasi jawabannya ke dia , tapi aku nyoba ngeyakinin putri kalo kita kan masih temen (gila, berhati malaikat banget kan ? ihir :D). Akhirnya karena ketulusan hatiku (weleh bahasane mblo) aku dengan ikhlas dan penuh senyum merona ngasih jawaban itu. Yang aku nggak habis pikir tuh, dia ngatain orang sak karepe dewek tapi dia gak sadar kalau dia juga nglakuin kaya gitu. Trus  menurut sumber yang akurat, pas susulan Biologi dia juga tanya jawaban ke temen sebangkunya. Essay mblo, essay! Mending kalo pilgan. Bikin enek kan? Yaiyalah (kresek mana kresek -__-).Tiap ketemu aku mukanya tuh judes banget mirip ibunya bawang merah gitu. Padahal kadang aku pengin menyapanya (preet). Jadi, selama kelas X kami belum pernah akur. Hingga kenaikan kelas terjadi.
Nah, udah kelas XI nih, saatnya melakukan perubahan. Beruntungnya aku mendiami kelas XI IPA 3. Disanalah persaingan ketat akan segera dimulai (jeng jeng). Di kelas inilah aku mulai sadar (ceileh) dan mulai memperbaiki diri ini J.Sedikit demi sedikit aku mulai terbiasa mengerjakan ulangan sendiri (kasih tepuk kaki doong ^0^/). Dan hasilnyapun lumayan mamen. Yaa walaupun awalnya masih ada yang remidi, tapi kalau udah niat pasti mudah kedepannya (jere). “Orang yang paling aku sukai adalah dia yang selalu menunjukkan kesalahanku”. Itulah kata- kata yang memotivasiku untuk berubah menjadi orang lebih baik (asik, yang jomblo kasih jempol kaki dong \^0^/). Yaak dia yang dulu ku benci ternyata telah membukakan hati dan pikiranku lewat omongannya yang bisa dibilang, KASAR! (pake banget nget :@ suer dah!). Dari omongannya itu, aku mulai belajar dan tidak bergantung pada orang lain. Aku mau buktiin ke diadan semua orang kalau aku juga bisa tanpa nyontek. “Mending biasa aja tetapi hasil kerja keras dan usaha sendiri daripada luar biasa tetapi palsu”. Yaak! Itulah prinsipku hari ini dan saat iniserta besok yang akan datang (mbok :D). Kalau ngga ada godaan setan tapi, kalau ada yaterpaksa haha (eh? Keceplosan :D). Jadi intinya aku berterima kasih banget buat dia yang udah negur aku walaupun nggak secara langsung. Mungkin kalau bukan karena omongannya yang tiiit*** (sensor) aku gak bakal sadar ampe sekarang (ngelap ingus ---”). Buat temen- temen makasih ya udah mau ngluangin waktu buat ndengerin ceritaku (eh, mbaca maksutnya), mungkin ini hanya sekedar sharing pengalaman aja mbok bisa dijadiin pelajaran. Menyontek..? yaa, sekali dua kali okelah. Asalkan jangan keterusan dan dijadiin kebiasaan, bahasa kebumene sih .. “mbok dadi tuman”. Kalian juga gak bakal puas dengan hasil menyontek, malahan bakal ngrugiin diri sendiri. Banggalah dengan nilaimu karena itu hasil usaha dan kerja kerasmu walaupuncuma dapet sedikit (mandan ceramahlah sitik :D). Jangan rusak masa depanmu teman and don’t be greedy ... (kaya tau krungu -__-)




Oleh  : Maya Afifah J

0 komentar:

Posting Komentar

 

MAYA'S LIFE Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review